Pelatihan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) 2010

Dalam rangka menigkatkan kreativitas mahasiswa Aceh dalam berkarya baik dalam hal menulis, beraktivitas, meneliti, atau berwirausaha, HIMATIKA Fakultas MIPA Unsyiah menyelenggarakan pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2010. Kegiatan ini telah dilaksanakna pada bulan Agustus lalu. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi mengenai kompetisi PKM sekaligus menstimulasi mahasiswa-mahasisa Aceh untuk aktif berpartisipasi dalam kompetisi ini.

PKM merupakan kompetisi terbesar yang diadakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Indonesia. Kompetisi ini diadakan setiap tahunnya dan terdiri dari 6 bidang, yaitu PKM-P (Penelitian), PKM-T (Penerapan Teknologi), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian kepada Masyarakat), PKM-GT (Gagasan Tertulis), PKM-AI (Artikel Ilmiah). Namun sayangnya peserta yang berasal dari Aceh sangat sedikit dari tahun ke tahun. Bisa jadi karena mahasiswa Aceh kekurangan informasi atau tidak tahu bagaimana prosedur untuk ikut berkompetisi di ajang yang bergensi ini.


Pada umumnya, peserta yang ingin berpartisipasi dalam PKM harus menyiapkan proposal ataupun tulisan ilmiah. Peserta diharapkan membentuk sebuah tim dalam mengikuti kegiatan ini. Untuk PKM-P, PKM-T, PKM-K, dan PKM-M, peserta diharuskan dapat menyiapkan proposal yang baik terkait dengan bidang kompetisi yang dipilih. Bagi peserta yang proposalnya lulus seleksi, maka akan diberikan dana sebesar Rp. 7000.000 (untuk kompetisi tahun 2010). Sedangkan bagi peserta yang beminat di PKM-GT dan PKM-AI dapat mengirimkan tulisan ilmiahnya mengenai gagasan/ide sebagai respon dari kejadian aktual saat ini atau penelitian yang telah dibuat, dan untuk tulisan yang terpilih akan mendapat insentif Rp. 3.000.000. Kompetisi ini berkahir di PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional) yang merupakan event terbesar yang diselenggarakan oleh Dikti, hanya untuk PKM-AI, tulisan ilmiah yang terpilih akan dimasukkan pada jurnal mahasiswa yang terakreditasi.

PKM merupakan salah satu fasilitas di mana mahasiswa bisa berprestasi di tingkat nasional. Dengan adanya Pelatihan PKM ini, diharapkan akan banyak mahasiswa Aceh yang ambil bagian dalam kompetisi nasional ini. Ayo dong... para mahasiswa ikut dalam kompetisi PKM. Ini saatnya generasi muda Aceh kreatif tampil di kancah nasional.
Semoga bermanfaat . ^^

(By. Vera Halfiani)

0 comments:

Post a Comment