Pena Himatika Menutup Kepengurusan di Tahun 2010 dengan Acara Konferensi Mahasiswa

Darussalam, Himpunan Mahasiswa Matekatika FMIPA Unsyiah kembali mengadakan acara, kali ini “Konferensi Penelitian Mahasiswa”. Acara ini merupakan acara yang pertama kali dibuat di Universitas Syiah Kuala, atau mungkin satu-satunya di Aceh, dimana yang menjadi presentatornya adalah mahasiswa.

Acara ini di latar belakangi banyaknya mahasiswa yang pernah meneliti tapi tidak mempunyai wadah untuk mempublikasikan hasil penelitiannya. Padahal tidak sedikit dari hasil-hasil penelitian tersebut yang jika dikembangkan akan sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari.

Acara ini juga ditujukan bagi mereka yang belum pernah melakukan penelitian, sehingga bagi mereka yang sudah pernah melakukan penelitian dapat berbagi pengalaman dengan mereka yang belum pernah melakukan penelitian. Mulai dari cara mengambil ide sampai dengan mengembangkan idenya menjadi sebuah penelitian yang bermanfaat bagi khayalak ramai.

Selain diakibatkan oleh zaman yang terus berkembang, penelitian juga sangat penting bagi mereka yang akan menghadapi tugas akhir. Sehingga mereka terbiasa dengan penelitian dan juga mampu membuat laporan hasil penelitiannya dengan maksimal.

Walaupun banyak terjadi perubahan dari rencana awal, tapi acara ini berlangsung dengan sukses pada tanggal 22 Desember 2010 bertempat di ruang 2B FMIPA Unsyiah. Diikuti oleh lima orang presentator yang berasal dari berbagai jurusan. Salah satunya adalah Rika Sri Utami yang berasal dari FMIPA Kimia yang membahas tentang Uji Aktivitas Ekstak Metanol dan Etilasetat Tumbuhan Loranthus parasiticus Terhadap Epilachna sparsa, juga Vera Halfiani yang berasal dari FMIPA jurusan Matematika yang membahas tentang Model Logistik Pertumbuhan Penduduk Provinsi Aceh, dengan model matematikanya membahas tentang populasi penduduk. 

Semoga kegiatan ini dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa untuk lebih aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Sebagai feedback untuk peserta, panitia memberikan booklet hasil penelitian dalam bentuk CD.(Nazriatun Nisa) 



Berikut Foto-Foto Kegiatan:
Pose Bersama Seluruh Peserta

Rika Sri Utami (salah satu presentator dari MIPA Kimia)

0 comments:

Post a Comment