Kilas Balik Pelatihan Karya Tulis Himatika

Darussalam - Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) FMIPA Unsyiah menyelenggarakan kegiatan pelatihan karya tulis ilmiah pada tanggal 11 Desember 2010. Kegiatan yang berada di bawah bidang PENA (Pengkajian dan Penalaran) ini bertemakan “Berprestasi dengan Menulis”. Pelatihan diadakan di ruang kuliah 2B dengan peserta sebanyak 40 0rang. Kegiatan ini dikhususkankan untuk kalangan mahasiswa. Peserta berasal dari berbagai fakultas di Unsyiah dan sebagian kecil merupakan mahasiswa IAIN Ar-Raniry. Selain mendapatkan ilmu tentunya, para peserta juga mendapatkan fasilitas lain berupa handout, snack, makan siang dan sertifikat.

Di samping bermaksud untuk memberikan pendalaman materi dan pelatihan terkait penulisan karya tulis ilmiah, kegiatan ini juga dilatarbelakangi oleh PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) yang merupakan ajang menulis bergengsi yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti Indonesia setiap tahun. Oleh karena itu, setelah pembukaan secara formal, acara diawali dengan pengenalan PKM yang disampaikan oleh salah satu mahasiswa matematika FMIPA, Novi Reandy Sasmita. Hal ini bertujuan untuk memotivasi mahasiswa dan secara tidak langsung mengajak mereka untuk turut aktif dalam PKM.

Materi inti disampaikan oleh 3 pemateri, yaitu Dr. Saiful Mahdi, M.Sc (Dosen FMIPA Unsyiah, Pendiri dan Peneliti Senior Aceh Institut), Beby Haryanti Dewi, S.Si (Penulis buku laris Diary Dodol Seorang Istri) dan Dian Rubianty, SE, Ak. MPA (HRD-Aceh Learning Resourse Center, peneliti, dan pendiri Yayasan Masyarakat Iqra). Tidak hanya materi tentang karya tulis ilmiah yang dikupas di sini. Pada materi awal, buk Beby banyak memaparkan tentang penulisan karangan santai seperti cerpen dan puisi. 

Disela-sela penjelasannya tentang karya tulis ilmiah, Buk Dian menekankan bahwa teori tanpa praktik tidak ada gunanya, yang terpenting adalah bagaimana follow up untuk setiap peserta setelah acara ini. Menariknya adalah diakhir kegiatan, buk Dian dan buk Beby menawarkan fasilitas bagi peserta yang benar-benar ingin fokus dalam tulis-menulis. Mereka bahkan bersedia berkonsultasi via email terkait hal itu. Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat secara simbolis dan pemberian bingkisan kepada ketiga pemateri. Sebelum berpisah, pemateri juga menyempatkan diri untuk berfoto dengan panitia dan peserta pelatihan. (Rina Novia)

0 comments:

Post a Comment