Pelatihan Olimpiade Matematika (POM) MIPA

POM,, let you guess ! Apaan sih tu POM ? POM tu bukannya POM Bensin loh, POM juga bukan POMpa Ban yg kempes hehehh. POM tu adalah sebuah singkatan, yaitu dari Pelatihan Olimpiade Matematika. Pelatihan ini udah berlangsung kurang lebih sekitar 4 bulanan, dimulai semenjak bulan Agustus lalu. POM ini merupakan salah satu proker dari Himatika FMIPA 2010-2011 khususnya bidang PeNa (Pengkajian dan Penalaran). Pengajar dari pelatihan ini adalah kak Nurul Wahyuni, lebih akrab dipanggil dengan kak Ayu, beliau adalah mahasiswa angkatan 2007 jurusan Matematika. Mahasiswa yang mengikuti POM ini berkisar 10 orang yang merupakan mahasiswa angkatan 2009. Mata kuliah yang diajarkan dalam POM ini adalah Teori Bilangan, mata kuliah yang seharusnya belum bisa diambil oleh para angkatan 2009, karena seharusnya yang mengambil mata kuliah ini adalah mahasiswa yang berniat memilih bidang matematika murni sebagai bidang tetapnya. Ribet banget sih iya, tapi mari kita perjelas.. Jurusan Matematika memiliki 3 bidang minat yaitu Matematika Murni dan Terapan, Komputasi, dan Statistik. Nah 3 bidang minat ini baru bisa dipilih ketika sudah semester 5. Cara memilihnya adalah dengan mengikuti mata kuliah-mata kuliah pilihan sesuai dengan bidang minatnya, seperti Teori Bilangan. Teori Bilangan seharusnya pun diambil pada semester 5. 

Jadi, apakah yang mengikuti POM adalah para mahasiswa yang akan memilih Matematika murni dan terapan (Matermur) sebagai bidang minatnya ? Tidak.. mereka ada yang berminat di komputasi dan juga statistik. Alasan mereka mengikuti program POM ini adalah untuk persiapan mereka dalam mengikuti olimpiade, seperti ON-MIPA yang diadakan oleh Ditjen Dikti Indonesia ataupun OSN-PTI yang diselenggarakan oleh Pertamina, setiap tahunnya. Olimpiade ini berkompetisi secara nasional. Jadi seluruh Indonesia mengikuti olimpiade ini. 

Pengalaman yang sangat menarik jika kita dapat mengikuti olimpiade ini, karena ini merupakan perlombaan yang bergengsi. Bahkan dalam kompetisi OSN-PTI babak penyisihan saja, para peserta bakal ngedapetin kaos putih yang bertuliskan OSN-PTI.. Sungguh bangga jika dapet menggunakan kaos tersebut, hehehe.. POM sebenarnya terbuka oleh umum, maksudnya umum adalah bebas untuk anak matematika angkatan berapa aja,, jadi gak ada yang namanya batasan umur untuk menggali ilmu. Oh ya jadwal POM ini adalah 4 jam seminggu, dengan kata lain itu 2 kali seminggu, yang setiap pertemuannya adalah 2 jam pada hari Rabu dan Sabtu, hari Rabu jam 10.00-12.00 dan hari Sabtu jam 10.00- 12.00 yang bertempatkan di Lab ex BNI atau nama kerennya sekarang Lab Pensi.. Sampai sekarang,, POM masih terus berjalan lancar seiring dengan berputarnya bumi dan waktu (jiahahaha) :D .. 

Jujur dari lubuk hati yang paling dalam sedalam sumur yang gelap gulita, Teori bilangan adalah mata kuliah yang sangat sukar untuk dimengerti, tapi dengan penuh kesabaran, kak ayu terus mengajarkan hingga semuanya mengerti. Walau matakuliah ini susah, POM memang harus terus berjalan agar mahasiswa FMIPA matematika USK dapat mewakili Aceh sebagai peserta olimpiade Nasional, seperti kak Yuyun yang tahun ini menang juara 1 tingkat propinsi. Sekarang kak Yuyun lagi berada di Jakarta untuk terus mengikuti lomba tahap selanjutnya. Kak Yuyun juga rajin mengikuti POM, hehe.. Jadi POM ini bukanlah program yang main-main loh, keren banget kan.. Malahan ini FREE, tidak sedikit pun dipungut biaya.. wuis semakin keren aja deh si POM ini…. Caile.. ^^(Created by:Diah & Alfita, published by: Keumala

2 comments:

Unknown said...

uis.. tulisan kami di publish lah
hehe
jadi malu.. maaf klo da salah2 kata :D

Himpunan Mahasiwa Matematika FMIPA Unsyiah said...

Tulisan yang bagus kok, buat terus tulisan baru biar nanti himatika posting hehehe...

Post a Comment