MCC Gelar Training Ubuntu for Beginner


Mengawali langkahnya pada periode kepengurusan yang baru, MCC (Mathematics Computer Club) yang berada dibawah Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Unsyiah menyelenggarakan pelatihan Ubuntu pada tanggal 17 oktober 2010 lalu. Tema yang diusung oleh MCC kali ini adalah “Ubuntu for Beginner”. Sesuai dengan temanya, pelatihan kali ini memang ditujukan bagi mereka yang masih awam dengan operating system (OS) yang open source ini. Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu lab. komputer terbaik di MIPA bahkan di Unsyiah yaitu Lab. Statistik dan Komputasi (Statkom) Jurusan Matematika FMIPA Unsyiah. Dengan total peserta yang hadir mencapai 31 orang.
Peminat pada training kali ini ternyata bukan hanya mahasiswa yang berasal dari jurusan yang erat hubungannya dengan komputasi saja, bahkan mahasiswa Jurusan Kimia pun tak ketinggalan. Pemateri yang mengisi pelatihan kali ini tak laina dalah mahasiswa Jurusan Matematika angkatan 2008, M. Ikhsan Fuady yang memang sudah di akui kemampuannya di kalangan mahasiswa.

Pelatihan di awali dengan pengenalan apa itu Ubuntu, yang ternyata kata Ubuntu itu berasal dari bahasa Afrika yang berarti Humanity to Others (Kemanusiaanuntuksesama). Atas dasar itulah diluncurkannya Ubuntu yang dirilis pada tahun 2004. Sistem operasi ini merupakan turunan dari sistem operasi linux yang lain, yakni Debian.


Training dilanjutkan dengan penjelasan tentang cara instalasi Ubuntu dengan menggunakan Ubuntu terbaru versi 10.10 (Maverick Meerkat). Pada pelatihan ini peserta juga dibekali CD Ubuntu 10.10, yang langsung digunakan pada proses penginstalan, serta modul instalasi. Serta tidak ketinggalan empat keping DVD Ubuntu Muslim Editions (Sabily 10.04 Manarat) juga dibagikan sebagai doorprize pada akhira cara (Muarif).

0 comments:

Post a Comment