Mengintip Kegiatan Math Fair 2010

Himatika Gelar Mathematics Fair 2010 dan Aceh IT EXPO

Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Jurusan Matematika Fakultas MIPA Unsyiah kembali menggelar Mathematics Fair yang telah diagendakan satu tahun yang lalu. Math Fair 2010 (sebutan untuk Mathematics Fair) kali ini diselenggarakan selama enam hari (17-22 Juli) di Gedung AAC Dayan Dawood dan dibuka langsung oleh rektor universitas setempat. Math Fair 2010 merupakan Math Fair ke-6 jika dihitung sejak Math Fair dilaksanakan pada tahun 2005 silam.

Agenda tahunan Himatika ini terdiri dari serangkaian kegiatan, di antaranya Seminar Nasional yang berlangsung (17/7), Aceh IT Expo, Olimpiade Matematika tingkat SMA dan SMP se-Aceh (18/7), Olimpiade Komputer tingkat SMA se-Banda Aceh dan Aceh Besar (18/7), dan Aneka Lomba yang terdiri dari Lomba Menggambar, Lomba Mewarnai, Fashion Show untuk siswa TK, dan menulis serta membacakan puisi dalam bahasa matematika untuk mahasiswa. Seminar Nasional kali ini mengusung tema umum “Membangun Pendidikan Bangsa” dengan menghadirkan tiga orang pemateri yang memang menguasai bidang masing-masing dalam Matematika. Pemateri pertama berasal dari Jurusan Matematika sendiri. Beliau adalah Dr. Salmawaty,M.Sc yang mendalami ilmu Matematika Murni dan Terapan. Pemateri ke dua dimintakan kesediaan Bapak Dr. Machin Irvan untuk mewakili field Statistika dan pemateri ketiga merupakan Direktur SEAMOLEC (Dr. Gatot Hari Priowirjanto), Dr. Gatot yang menjelaskan bidang Komputasi dan Informatika. Seminar ini diikuti oleh kurang lebih 400 orang peserta yang merupakan mahasiswa dan umum.

Untuk Olimpiade Matematika se-Aceh yang mengangkat tema “Let’s Change the World With Math” ini diselenggarakan secara serentak di seluruh Aceh tanggal18 Juli 2010. Adapun daerah yang menjadi tuan rumah di setiap daerah antara lain Domain A, Banda Aceh yang diselenggarakan di kampus FMIPA meliputi Sabang, Aceh Besar, Pidie. Domain B, Lhokseumawe yang diselenggarakan di Unimal meliputi Pidie Jaya, Bireun, Aceh Utara, Domain C, Aceh Tengah yang diselenggarakan di STAI Gajah Putih meliputi Gayo Lues, Bener Meriah, Aceh Tenggara, Domain D, Aceh Barat yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Meulaboh meliputi Aceh Jaya, Nagan Raya, Simeulue, Aceh Singkil, Domain E, Langsa yang diselenggarakan di Unsam meliputi Aceh Timur, Aceh Tamiang, dan Domain F, Aceh Selatan yang diselenggarakan di SMA Negeri Unggul Tapak Tuan meliputi Aceh Barat Daya, Aceh Singkil, Subulussalam. Pada hari yang sama juga digelar Olimpiade Komputer dengan tema”Computing with computer”yang diikuti sejumlah siswa SMA di Banda Aceh dan Aceh Besar.

“Mathematics Fair kali ini merupakan Math Fair terbesar yang pernah diselenggarakan sejak tahun 2004. Saya benar-benar bangga dengan kerja keras panitia selama ini. Mereka rela mengorbankan waktu pikiran bahkan tenaga tanpa dibayar untuk menyukseskan acara ini. Saya benar-benar berterima kasih untuk itu. Seiring dengan persiapan, saya yakin mereka belajar banyak hal yang tidak mereka dapatkan dari bangku kuliah. Ucapan terima kasih saya untuk pemateri seminar yang berkenan meluangkan waktu, untuk para sponsor yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu juga seluruh peserta yang ikut memeriahkan acara ini”, ujar Dr.Hizir Sofyan bangga selaku Ketua Jurusan Matematika.

“Math Fair 2010 merupakan impian kami selaku mahasiswa Matematika sejak setahun yang lalu. Kami mengidamkan Math Fair yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dan alhamdulillah, dengan izin Allah dan sokongan para sponsor serta partisipasi aktif panitia, Math Fair 2010 kini dapat terlaksana. Ucapan terima kasih saya,untuk ketua jurusan, teman-teman panitia, para sponsor, juga semua pihak yang telah ringan tangan membantu hingga acara ini terselenggara dengan baik. Semoga tahun depan, adik-adik dapat menyelenggarakan Math Fair yang lebih baik lagi”, seru Ahmad Mauliyadi selaku ketua panitia saat ditemui disela kesibukannya.

Math Fair 2010 juga dimeriahkan dengan adanya Aceh IT Expo yang memamerkan berbagai jenis produk IT ternama seperti Aple, Acer, Toshiba, dan masih banyak produk lainnya. Aceh IT Expo juga terselenggara atas kerja sama Himatika dengan pihak Get. Aceh IT Expo juga menawarkan harga miring bahkan dengan diskon sampai 70%. (www.fmipa.unsyiah.ac.id)

0 comments:

Post a Comment