Graha Ilmu - FMIPA Unsyiah ; " Adakan Seminar Menulis & Buku"

Darussalam - Dalam rangka meningkatkan minat baca dan menulis, HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Matematika) FMIPA Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan acara seminar buku yang bertemakan “Menerbitkan Buku Itu Gampang Lho…!!”. Seminar buku ini dilaksanankan pada hari Sabtu (30/10) bertempat di Aula FMIPA Unsyiah. Acara ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam , Dr Mustanir , Msc . Yang menjadi pembicara pada seminar tersebut adalah Jozep Edyanto. Beliau adalah Direktur Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta. Sedangkan yang menjadi moderator adalah Pembantu Dekan III Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Dr Said Munzir , M.Eng.Sc .

Seminar buku ini terlaksana atas kerja sama HIMATIKA dan Dosen FMIPA, Dr Marwan Ramli, M.Sc . Acara tersebut dihadiri lebih kurang 200 peserta yang terdiri dari Mahasiswa, Siswa, Dosen dan umum. Untuk mengikuti serangkaian acara seminar, peserta hanya membayar Rp 30.000 untuk kalangan Dosen dan Umum, serta Rp 10.000 untuk kalangan Mahasiswa dan Siswa. Para peserta seminar juga mendapatkan berbagai fasilitas seperti sertifikat yang langsung diberikan dari penerbit Graha Ilmu, snack serta makalah presentasi dalam bentuk CD. 

Dalam seminar ini, Jozep Edyanto memaparkan banyak hal mengenai buku. Mulai saat buku masih dalam proses penulisan sampai diterbitkan dan diperjual-belikan. Jozep juga mempromosikan PT. Digital Mobile File yang telah mengembangkan sistem digital dalam proses pemasaran buku. Hal-hal penting lainnya yang disampaikan adalah mengenai perbedaan antara jurnal dan buku. “ Jika buku yang anda tulis itu ditolakoleh penerbit , belum tentu buku tersebut tidak bagus, mungkin saja belum sesuai dengan bidang ilmunya”, papar Jozep disela-sela materinya. Acara seminar buku ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada Jozep Edyanto yang diserahkan langsung oleh Pembantu Dekan III Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Dr Said Munzir , M.Eng.Sc . (Dini)

0 comments:

Post a Comment